Saya Memilih React

Di tahun sebelumnya, saya memutuskan belajar Polymer karena saya suka pada konsep Web Components khususnya Custom Element. Hanya saja tutorialnya terbatas dan pengguna (developer) yang membuat project dengan Polymer di Indonesia tidak begitu banyak.

Dulu, saya ingat pernah mencoba ReactJS sekitar tahun 2015 ketika CodePolitan mengadakan live video yang mengundang mas Riza Fahmi (Curriculum Director Hacktiv8). Hanya saja saat itu saya belum terbiasa dengan JavaScript (salah satu penyesalan) dan konsep nya React yang menurut saya advance.

Di tahun 2017 saya memutuskan mencoba VueJS. Framework ini simple dan mudah dipahami oleh saya yang pengetahuan JavaScript masih terbatas. Hanya saja itupun masih setengah-setengah karena saya masih berniat mencoba Polymer.

Akhirnya setelah pikir – pikir dan mencoba Polymer, saya memutuskan memilih React dan (mungkin) fokus di React. Alasannya kira-kira ada 3:

  1. Perusahaan di Indonesia banyak menggunakan React.
  2. React didukung oleh komunitas dan perusahaan Facebook.
  3. Dengan React, saya yakin konsep saya belajar JS lebih mantap karena React menggunakan ES6.

Saya percaya dengan belajar React, maka belajar framework atau library lain akan lebih mudah seperti alasan ketiga yang saya jelaskan. React juga ada Web Components, tetapi sintaksnya berbeda dengan Web Components di Polymer dan Vue.

Untuk belajar React, saya membeli course dari Udemy yang berjudul “JavaScript dan React for Developer: Master the Essentials”. Kursus ini bagus dan saya mencobanya sekitar 4 hari. Kursus ini mengajarkan saya kepada saya bagian – bagian JavaScript yang diperlukan untuk belajar React seperti DOM, Scope, Event, Callbacks, AJAX, ES6 (tidak semuanya).

Entah kenapa banyak developer profesional bahwa React ini adalah framework. Padahal dari situsnya sendiri React adalah library. Apa mungkin para developer melihat dari V (View) dari MVC nya React kah? Entahlah, saya tidak tahu. Mungkin kalau saya mempresentasikan materi yang berbau React, saya akan bilang React adalah library mengikuti situs React.

Hal – hal yang ingin saya coba di React berkaitan dengan 3 hal yakni Accessibility, Web Performance dan Web Components. Saya akan coba implementasikan di dua project start-up yang sedang saya kembangkan bersama tim saya. Semoga bermanfaat bagi saya. Amin.

 

satyakresna

~Tetap Fokus~