Now

Halaman ini terjadi karena dihasut oleh kak Wayan Jimmy , mengecek referensi dari Filosofi kode, Mas Ijul dan Derek Sivers.

Karir

Saat ini saya bekerja sebagai Web Programmer di salah satu Universitas di Bali. Pekerjaan saya membuat sistem internal dan rata-rata bermain di PHP dan JS. Saya bergabung di sana mulai April 2017 dan sekarang sudah 1 tahun lebih saya bekerja di sana.

Tinggal

Saya tinggal di daerah Badung, Bali dan tinggal bersama keluarga.

Kesibukan

Selain kerjaan kantor, saya membuat komunitas bersama teman-teman saya yakni PHPBali (komunitas untuk PHP Programmer / Developer di Bali). Selain membantu PHPBali, saya juga ikut terlibat dalam komunitas seperti BaliJS, Facebook Dev. C Bali dan GDG Bali. Rata-rata jadi volunteer. Apa lagi ya?

Keseharian

Saya bangun jam 5 atau 6 pagi. Kalau sempat buka laptop dan browsing:

  1. Github untuk melihat project open source yang di star oleh yang saya follow,
  2. Facebook/Twitter (PWA)/Instagram untuk melihat daftar notifikasi yang masuk dan scroll sekilas,
  3. Youtube untuk melihat video yang saya subscribe,
  4. Dev.to (PWA) dan Smashing Magazine (PWA) untuk melihat daftar artikel yang cocok untuk dibaca,
  5. Medium untuk melihat notifikasi siapa saja yang memberikan claps terhadap artikel saya dan daftar artikel yang patut dibaca.
  6. Email untuk melihat notifikasi sekilas saja.

Setelah itu mengerjakan tugas rumah, mandi, makan lalu ke berangkat ke kantor sekitar jam 8.30 pagi. Sampai di kantor langsung ngoding dari jam 9 pagi sampai 12 siang. Lalu dilanjutkan dengan makan siang sampai jam 1 siang. Kemudian lanjut ngoding lagi sampai jam 4 sore. Untuk mengerjakan tugas kantor saya ngga pakai tools spesial macam JIRA, Slack dll. Untuk mencatat apa yang mesti dilakukan saya pakai sticky notes yang sudah tersedia di OS Windows dan fitur Save Messages di Telegram. Maklum di tempat kerja saya rata-rata teman-teman kerja seperti itu, ngga pakai tools-tools canggih. Dulu pernah pakai Gitlab (khusus untuk project kantor yang saya buat), cuma karena kantor sudah punya version control sendiri akhirnya dengan berat hati saya berpaling dari Gitlab.

Sekitar jam 5 sore saya pulang ke rumah. Tapi, sebelum itu kadang saya beli makan malam untuk saya dan keluarga sebelum pulang (ini tergantung mood ibu saya mau masak atau tidak). Sekitar jam 7 malam ngoding lagi tapi bukan pekerjaan kantor, melainkan teknologi web yang belum pernah saya coba. Sekitar jam 10 malam saya sudah tidur dan kalau ada telegram yang berhubungan dengan kerjaan kantor biasanya saya balas esok harinya.

Maaf ya, saya punya waktu pribadi bukan cuma urusan kantor saja. Ayah saya mengajarkan yang mana waktu buat kantor dan yang mana waktu buat pribadi.

Sekarang lagi ngapain?

  1. Lagi belajar CSS. Karena kemampuan CSS saya cukup buruk. Yang ingin saya pelajari sih lebih ke arah membuat layout Web dengan CSS. Kadang masih bingung dengan position, float. Kebetulan saya nemu di Twitter dan mendapatkan situs bagus bernama internetingishard.com. Situs ini mengajarkan HTML dan CSS dengan konsep out of the box. Doakan saja moga” ini berhasil. Kalau sempat mungkin saya akan ngadain workshop yang sumbernya dari ini. 😁
  2. Kalau sempat nulis artikel di Medium pribadi dan publikasi seperti WWWID dan PHPBali. Tetapi untuk beberapa hari lalu fokusnya nulis artikel pribadi di Medium dan newsletter PHPBali.
  3. Apa lagi ya? Nanti akan saya kabari lagi. 

Buku yang dibaca sekarang?

  1. Kisah dibalik layar Kick Andy. Saya salah satu penggemar acara ini dan sekaligus penggemar pak Andy Noya yang nanya ke narasumber dengan gayanya yang nge”kick”.
  2. Resign. Novel yang bagus dan ini saya lihat dari Insta story nya mas Ijul (entah benar atau tidak). Saya juga bercita-cita resign dari kantor yang sekarang. Maklum, saya tidak suka diam dalam “sangkar” lama-lama. Semoga terwujud dan dengan cara yang saya pandang elegan. 😂

Cita-cita

Cita-cita terbesar saya adalah mengelilingi dunia dengan profesi sebagai developer relation / advocate. Jadi, membagikan ilmu kepada rekan-rekan developer sambil traveling juga. Sesuai dengan peribahasa sambil menyelam minum air. Eit, tapi untuk mewujudkan hal tersebut siap-siap punya stamina luar biasa tinggi ya!

Makasih buat teman-teman yang sudah membaca saya lagi ngapain sekarang. Kalau sempat saya akan perbaharui lagi!